Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALISATION (TAI) PADA SISWA SMP NEGERI 2 KEPIL WONOSOBO
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang ASIF ROMIYATI
Subyek/Subjek Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Asif Romiyati. 2012. 082150010. Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Pada Siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo. Skripsi. Purworejo. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pembelajaran IPA fisika di SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo yang dilakukan masih berpusat pada guru, dimana siswa hanya duduk dan mendengarkan guru mengajar, sehingga kelas menjadi monoton dan aktivitas siswa tidak berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, telah dilakukan penelitian guna mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA fisika dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) pada siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo kelas VII A yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung melalui: 1) observasi; 2) angket aktivitas belajar; 3) tes akhir siklus. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata dan persentase yang kemudian diartikan secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perolehan persentase untuk hasil observasi aktivitas belajar pada pra siklus sebesar 46,38% pada siklus I meningkat menjadi 56,52% dan setelah siklus II meningkat menjadi 80,07%. Perolehan persentase untuk angket aktivitas belajar pra siklus sebesar 49,28%, pada siklus I meningkat menjadi 57,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,80%. Untuk hasil belajar siswa pra siklus 56,96 pada siklus I menjadi 66,67 dan siklus II meningkat menjadi 80,26. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA fisika kelas VII A SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo. Kata kunci: Aktivitas belajar IPA fisika, Team Assisted Individualisation.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119