Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI WAWANCARA BERBASIS PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Monica Lidya Anggraeni
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Monica Lidya Anggraeni. 2012. Peningkatan Keterampilan Berbicara Materi Wawancara Berbasis Pembelajaran Partisipatif Pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Permasalahan yang diteliti adalah: 1) bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran partisipatif dalam keterampilan berbicara materi wawancara pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Purworejo?2)bagaimanakan proses pembelajaran keterampilan berbicara melalui strategi partisipatif pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Purworejo?3) bagaimanakah tingkat keberhasilan keterampilan berbicara melalui strategi pembelajaran partisipatif pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Purworejo? Tujuan penelitian ini adalah:1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara wawancara melalui strategi pembelajaran partisipatif pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Purworejo, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara dalam materi wawancara siswa kelas setelah XI IPA SMA dilaksanakan melalui strategi pembelajaran partisipatif, 3) mendeskripsikan perubahan sikap perilaku siswa kelas XI SMA dalam kemampuan berbicara dalam materi wawancara setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui strategi pembelajaran partisipatif. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah teori tentang berbicara, wawancara, dan strategi pembelajaran partisipatif. Berbicara adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan atau menyampikan pikiran, gagasan, dan perasaan (Tarigan2008: 16).Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal untuk dimuat disurat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pada layer televisi (Alwi dkk. 2002: 126).Partisipatori berasal dari kata partisipasi, yaitu pelibatan seseorang atau beberapa orang dalam suatu kegiatan (Pidarta 2005: 32-33). Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklusyang masing-masing siklus melalui tahap-tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 9 Purworejo tahunpelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan nontes. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan teknik analisis data secara kuantitaif dan kualitatif. Proses pembelajaran dengan metode partisipatif melalui tahap pembagian kelompok, menentukan tema, berdiskusi, dan praktik wawancara. Proses pembelajaran yang berlangsung menjadikan siswa lebih aktif, berani bertanya, percayadiri, dan kreatif.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode partisipatif pada setiap siklusnya. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil skor rata-rata prasiklus sebesar 28,16%, siklus I sebesar 34,4%, dan siklus II sebesar 40,17%. Jadi, jumlah perbandingan nilai rata-rata dari prasiklus sampai siklus II mencapi 12,01%. Kata Kunci :Keterampilan berbicara, materi wawancara, dan berbasis pembelajaran partisipatif.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya