Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI DENGAN MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS X SMK WIDYA KUTOARJO TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ludy Kiswantoro
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Ludy Kiswantoro. 062110081. Upaya Peningkatan Pembelajaran Menulis Wacana Narasi dengan Media Karikatur pada Siswa Kelas X SMK Widya Kutoarjo Tahun Pembelajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) seberapa besar pengaruh media karikatur terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran menulis wacana narasi dengan menggunakan media karikatur terhadap siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo, (2) seberapa besar pengaruh media karikatur terhadap prestasi siswa melalui pembelajaran menulis wacana narasi dengan menggunakan media karikatur terhadap siswa kelas X ADP 1 SMK Widya Kutoarjo Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X ADP 1 SMK Widya Kutoarjo yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi, tes, nontes dan dokumentasi foto. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis tindakan proses yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang dilakukan secara kuantitatif. Langkah-langkah pembelajaran menulis narasi dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Menulis wacana narasi dengan media karikatur mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil observasi pada tahap prasiklus, dari keseluruhan siswa sebanyak 28 orang menunjukkan perhatian dan antusias, siswa yang aktif hanya sebanyak 7 orang, dan siswa dengan sikap baik sebanyak 31 orang. Pada siklus I, dari keseluruhan siswa sebanyak 34 orang menunjukkan perhatian dan antusias, siswa yang aktif sebanyak 33 orang, dan siswa dengan sikap baik sebanyak 34. Pada siklus II 38 orang siswa menunjukkan perhatian dan antusias, siswa yang aktif sebanyak 36 orang, dan siswa dengan sikap baik sebanyak 36 orang. Untuk prestasi siswa dalam menulis wacana narasi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor rata-rata mencapai 65,94 belum mencapai ketuntasan KKM yaitu 70.00, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 72,15 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 79,81, peningkatan pada siklus I dan II telah mencapai standar KKM yaitu 70.00. Dengan demikian, telah terbukti penggunaan media karikatur pada pembelajaran menulis wacana narasi dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi siswa kelas X ADP 1 SMK Widya Kutoarjo Tahun Pembelajaran 2012/2013. Kata-kata kunci: menulis wacana narasi, media karikatur
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119