Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUSHIBYAN KARANGSARI KUTOWINANGUN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ismi Dyah Pratiwi
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Ismi Dyah Pratiwi. “Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Dengan Teknik Latihan Terbimbing Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII MTs Hidayatushibyan Karangsari Kutowinangun Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa kelas VII MTs Hidayatushibyan Karangsari Kutowinangun Kebumen dalam menulis paragraf narasi setelah diberi pembelajaran menulis narasi dengan teknik latihan terbimbing menggunakan media gambar, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII MTs Hidayatushibyan Karangsari Kutowinangun Kebumen dalam menulis paragraf narasi setelah mereka mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing menggunakan media gambar. Teori-teori pokok yang digunakan dalam penelitian ini antara lain meliputi: (1) menulis (Akhadiah 1986: 1.1 dan Tarigan, 1994: 4), (2) Paragraf Narasi (Keraf 2007: 136, dan Sunaiyah 2010: 136), (3) Syarat-Syarat Pembentukan Paragraf (Akhadiah 1986: 58, dan Finoza 2002: 149-150), (6) Teknik Latihan Terbimbing ( Crow dan Crow dalam Mugiarso 2004: 2 dan Walgito (2004: 7), (8) Media Gambar (Arsyad 2011: 3 dan Sadiman 2011: 29). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hidayatushibyan Karangsari Kutowinangun Kebumen, selanjutnya objek penelitian ini yaitu kemampuan menulis paragraf narasi dengan teknik latihan terbimbing melalui media gambar. Instrumen pengumpulan data penulis menggunakan data tes dan nontes. Data tes berupa tulisan hasil karya siswa, selanjutnya data nontes berupa lembar observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis yang penulis gunakan adalah teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis paragraf narasi dengan teknik latihan terbimbing melalui media gambar, yaitu: (1) kemampuan siswa dalam pembelajaran ini mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas mencapai 62,4. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 74,7 dan hasil siklus II nilai rata-rata mencapai 81,2. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 12,3 dari nilai rata-rata prasiklus, untuk siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,4 dari nilai rata-rata siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,7 dari prasiklus. (2) pengaruh perilaku siswa dalam proses pembelajaran dapat dikategorikan baik dalam menciptakan keaktifan dan minat siswa. Kata kunci: menulis paragraf narasi, teknik latihan terbimbing, media gambar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya