Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA N 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Indra Yuliyanto
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Indra Yuliyanto. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi dengan Media Poster Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan media poster dalam keterampilan menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA N 4 Purworejo, (2) proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf persuasi menggunakan media poster pada siswa kelas X SMA N 4 Purworejo, (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi setelah menggunakan media poster pada siswa kelas X SMA N 4 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi, tes, nontes dan dokumentasi foto. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis tindakan proses yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang dilakukan secara kuantitatif. Langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis paragraf persuasi dengan menggunakan media poster dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Kualitas dari segi proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung menarik dan menyenangkan. Hal tersebut dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa sangat antusias mengikuti proses pembelajaran di kelas. Peningkatan proses berpengaruh terhadap peningkatan produk. Skor rata-rata hasil tes kemampuan awal baru mencapai 69,56 dan rerata hasil tes siklus I adalah 74,27 atau terjadi peningkatan 4,9 . nilai rerata tes siklus I adalah 74,27 dan nilai rerata hasil tes siklus II mencapai 80,46 atau terjadi peningkatan 6,19. Rerata hasil tes kemampuan awal hingga siklus II meningkat 11,10. Jumlah siswa yang memenuhi KKM pada kemampuan awal 15 siswa atau 40,54% dan siklus I ada 23 siswa atau 62,16%, atau meningkat 8 siswa atau 21,62%. Siklus II ada 33 siswa atau 89,19% dan meningkat 10 siswa atau 27,02%. Jumlah siswa dari kemampuan awal hingga siklus II meningkat 18 siswa atau 48,64%. Hasil akhir siswa menunjukan 18 siswa telah memenuhi KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terbukti penggunaan media poster pada pembelajaran menulis paragraf persuasi dapat meningkatkan prestasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Purworejo. Kata kunci: menulis paragraf persuasi, media poster
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya