Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PETA ALUR PIKIR (MIND MAP) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Erfin Puspitasari
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Erfin Puspitasari. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris dengan Model Pembelajaran Peta Alur Pikir (Mind Map) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) penerapan model pembelajaran peta alur pikir (mind map) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi ekspositoris siswa; 2) mengetahui perubahan perilaku siswa selama proses pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan model pembelajaran peta alur pikir (mind map) khususnya dalam aspek: (a) perhatian, (b) gairah belajar, (c) keaktifan, (d) motivasi; 3) mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris setelah penggunaan model pembelajaran peta alur pikir (mind map) khususnya dalam aspek: (a) kebaruan tema dan kandungan makna, (b) kekuatan imajinasi, (c) kebaruan dan kekuatan tokoh, (d) kebaruan dan kekuatan alur, (e) kesatupaduan, (f) kelancaran bercerita, (g) keefektifan stile, (h) respon afektif guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahap yaitu: 1) tahap perencanaan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap pengamatan; 4) tahap wawancara; 5) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Penggunaan model pembelajaran peta alur pikir (mind map) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas menulis narasi ekspositoris siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat dikategorikan baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya perhatian siswa selama peneliti menjelaskan materi, gairah belajar siswa selama diberi tugas oleh peneliti, perhatian siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan motivasi siswa untuk menulis narasi ekspositoris. Peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata menulis narasi ekspositoris masih rendah yaitu 64,97. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 71,60. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 79,72. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis narasi ekspositoris dengan baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya