Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Eni Kusrini
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Eni Kusrini. “Nilai Religius dalam Novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan Skenario Pembelajaran di kelas XI SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Dalam penelitian ini dibahas (1) bagaimanakah struktur novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral? (2) Bagaimanakah nilai religius novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral? (3) Bagaimanakah skenario langkah-langkah pembelajaran struktur dan nilai religius novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasey Basral di kelas XI SMA? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral, (2) mendeskripsikan nilai religius novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral, (3) mendeskripsikan skenario langkah-langkah pembelajaran struktur dan nilai religius novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasey Basral di kelas XI SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori religius sastra yang dikemukakan oleh Mangunwijaya (1994: 27) yakni, (1) hubungan manusia dengan Tuhannya, (2) hubungan manusia dengan manusia, dan (3) hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah teks novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Fokus penelitian berupa hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam sekitarnya pada novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal (Sudaryanto, 1993: 145). Dari hasil penelitian terbukti bahwa (1) Struktur novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral yang terdiri atas tema, tokoh, penokohan, alur, latar dan amanat secara padu membangun cerita yang mempunyai nilai estetis dan nilai religius, (2) nilai religius novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral mencakup tiga aspek yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi kewajiban salat, tawakal, jujur, syukur, pemimpin harus bertanggung jawab, Islam adalah agama yang membawa rahmat, dan tidak boleh taklid dalam beragama, (b) hubungan manusia dengan manusia hubungan yang baik antara Darwis dengan bapak/ibu, menjalin pertemanan, menghormati guru, menyantuni anak yatim, dan menikah, dan (c) hubungan manusia dengan alam sekitar yaitu bahwa pohon tidak untuk disembah. Nilai-nilai religius itu dikemas dalam bentuk cerita yang indah dan tidak bersifat menggurui, (3) skenario pembelajaran nilai religius pada novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral terdiri atas enam langkah yakni (a) pelacakan pendahuluan, (b) pendekatan sikap praktis, (c) introduksi, (d) penyajian, (e) diskusi, dan (f) pengukuhan. Kata kunci : Nilai Religius, Novel Sang Pencerah, Skenario Pembelajaran
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya