Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Emi Meikesari
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Maikasari, Emi. 2012. “ Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012”. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran menulis teks berita dengan model berbasis masalah (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita setelah memperoleh pembelajaran menggunakan model berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2011/ 2012. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori Tarigan (2008) yang menyatakan menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambanglambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Dalam penelitian ini juga digunakan teori Sudarman (2009) yang menyatakan teks berita ialah laporan tercepat tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi, interpretasi yang penting, menarik, masih baru, dan secepatnya disampaikan kepada khalayak. Penelitian ini juga menggunkan teori Triono (2009) yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah ialah hubungan antara dua arah belajar dan lingkungan. Lingkungan memberi masukan kepada siswa berupa bantuan dan masalah, sedangkan sistem saraf otak berfungsi menafsirkan bantuan itu secara efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diselidiki, dinilai, dianalisis serta dicari pemacahan yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dan melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penyajian data hasil penelitian menggunakan metode informal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis teks dengan model pembelajaran berbasis masalah salah satunya yakni masalah yang diberikan berhubungan dengan lingkungan nyata siswa di sekolah dan masyarakat,(2) keterampilan menulis teks berita setelah memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 mengalami meningkat. Pada prasiklus, siswa memperoleh rata-rata menulis teks berita sebesar 46,84, siklus I memperoleh rata-rata sebesar 64,52, dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 72,36. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis masalah menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo meningkat. Kata Kunci: Keterampilan menulis, Teks berita, Pembelajaran berbasis masalah
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya