Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PEMBELAJARAN PUISI MEMBACA TANDA-TANDA KARYA TAUFIQ ISMAIL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Eko Sutopo
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Eko Sutopo. “Pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda Karya Taufiq Ismail sebagai Media Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dan (2) pengaruh pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Tujuan yang dicapai adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dan (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Pretest and Posttest Group. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan teknik nontes. Instrumen yang digunakan ada dua macam, yaitu tes dan nontes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh pembelajaran terhadap karakter siswa adalah angket pretest dan posttest. Angket pretest digunakan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa sebelum perlakuan/pembelajaran, sedangkan angket posttest digunakan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa sesudah perlakuan/pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik gabungan antara formal dan informal. Proses pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail meliputi tahapan perencanaan, tindakan, dan pengamatan. Puisi Membaca Tanda- Tanda karya Taufiq Ismail tepat digunakan sebagai media pendidikan karakter melalui pembelajaran puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo karena bahasa yang digunakan mudah dipahami serta mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan tingkat psikologi siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail berpengaruh terhadap penguatan karakter siswa secara positif. Karakterkarakter tersebut, yaitu (1) gemar membaca, (2) rasa ingin tahu, (3) religius, (4) peduli lingkungan, dan (5) tanggung jawab. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa karakter yang paling berpengaruh pada siswa dalam pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail adalah karakter peduli lingkungan. Kata kunci: Pembelajaran Puisi, Membaca Tanda-Tanda, Pendidikan Karakter
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya