Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR KARIKATUR MELALUI TEKNIK PANCINGAN KATA KUNCI SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Edi Qurniawan
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Qurniawan Edi. 2012. ”Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Karikatur melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : (1) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Wiyanto (2005:57) menyatakan bahwa menulis puisi sebenarnya mengungkapkan gagsan dalam bentuk puisi. Gagasan tersebut dilandasi oleh tema tertentu. Oleh karena itu, sebelum menulis puisi lebih dahulu menentukan temanya, yaitu pokok persoalan yang akan dikemukakan dalam bentuk puisi. KBBI (2202:54) kata kunci adalah (1) kata ungkapan yang mewakili konsep yang menandai suatu zaman atau kelompok; (2) kata atau ungkapan yang mewakili konsep yang telah disebutkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/201. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Keterampilan menulis puisi dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7,35%. Rata-rata skor pada siklus I mencapai 71, sedangkan rata-rata skor pada siklus II mencapai 76,63, termasuk dalam kategori baik dan sudah memenuhi target penilaian yang ditentukan sebesar 70. Perubahan perilaku siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran pada siklu I, dari 32 siswa ada 19 siswa yang aktif dan 13 siswa tidak aktif. Siswa yang merasa kesulitan 13 dan siswa yang tidak merasa kesulitan 19, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dari 32 siswa, yang aktif 31 siswa dan yang tidak aktif 1 siswa. Siswa yang merasa kesulitan 3 dan yang tidak mengalami kesulitan 29. Presentasi peningkatan dari aspek keaktifan sebesar 38,70%. Persentase dari aspek kesuliatan sebesar 76,92%. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku siswa berubah ke arah yang lebih positif. Hasil tersebut membuktikan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi sangat dipengaruhi oleh perilaku siswa. Kata kunci: menulis puisi, media gambar karikatur, teknik pancingan kata
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya