Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN DEBAT BERBASIS KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XI SMK PN 2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Dwi Pratiwi
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Dwi Pratiwi. Peningkatan Keterampilan Debat Berbasis Kooperatif Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI SMK PN 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah:(1) bagaimanakah penerapan pembelajaran debat berbasis kooperatif Think Pair Share pada siswa kelas X1 SMK PN2 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah pengaruh pembelajaran debat berbasis kooperatif Think Pair Share terhadap kegiatan belajar siswa kelas XI SMK PN2 Purworejo? (3) bagaimanakah tingkat keberhasilan keterampilan debat berbasis kooperatif Think Pair Share pada siswa kelas XI SMK PN2 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran debat berbasis kooperatif Think Pair Share pada siswa kelas XI SMK PN2 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012; (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran debat berbasis kooperatif Think Pair Share terhadap kegiatan belajar siswa kelas X1 SMK PN2 Purworejo; (3) mendeskripsikan tingkat keberhasilan keterampilan debat berbasis pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada siswa kelas X1 SMK PN2 Purworejo. Hendrikus (1991:120) menjelaskan debat ialah saling adu argumentasi antarpribadi atau antarkelompok manusia, dengan tujuan mencapai kemenangan untuk satu pihak. Menurut Suprijono (2012:91) Think pair share ialah siswa berdiskusi secara berpasangan dan dilatih bagaimana mengutarakan pendapat serta siswa dilatih belajar menghargai pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada materi dan tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif dan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan non tes. Keabsahan data diperoleh dari tanya jawab dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan debat setelah dilaksanakan pembelajaran berbasis kooperatif Think Pair Share. Data yang diperlukan untuk penilaian ialah: (1) hasil pretes yang menyatakan bahwa keterampilan berbicara siswa rendah ,(2) angket siswa pada siklus I dalam tiap pernyataannya mengalami mpeningkatan pada siklus 2, (3) Observasi yang dilakukan pada siklus 1 dan mengalami peningkatan pada siklus 2, (4)dokumentasi foto bertujuan untuk menambah keakuratan data selama kegiatan pembelajaran berlansung, (5) Hasil analisis keterampilan debat dapat dilihat pada siklus I sebesar 52% meningkat menjadi 88% dari jumlah keseluruhan 36 siswa. Kata kunci: PTK, Keterampilan Debat, Pendekatan Think Pair Share
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya