DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI DISKUSI DENGAN MODEL JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI TRIWARNO KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Dhaniar Trisnamaya |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Trisnamaya, Dhaniar. 2012 “Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Materi Diskusi dengan Model Jigsaw Learning pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Triwarno Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran materi diskusi dengan model Jigsaw Learning pada siswa kelas VIII MTs Negeri Triwarno Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara materi diskusi dengan model Jigsaw Learning pada siswa kelas VIII MTs Negeri Triwarno Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Triwarno pada siswa kelas VIII H yang berjumlah 29 siswa. Dalam teknik pengumpulan data digunakan 3 metode, yaitu metode observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal atau perumusan dengan kata-kata biasa walaupun dengan terminologi yang teknis sifatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara penerapan model pembelajaran jigsaw learning memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa. Pada siklus 1 terdapat 18 siswa yang mendapatkan skor 6-8 atau sangat rendah, 11 siswa lainnya memperoleh skor 9-11 atau rendah. Pada siklus ini jumlah rata-rata nilai hasil observasi aktivitas belajar siswa mencapai 8,13.Pada siklus 2 yang memperoleh nilai rendah atau mendapatkan skor 9-12 hanya 9 siswa, 18 siswa mendapatkan skor 13-15 atau tinggi dan 2 siswa mendapatkan skor 16-20 atau sangat tinggi. Pada siklus ini jumlah rata-rata yang diperoleh mencapai 13,44. Dari perbandingan angket pembelajaran juga terjadi peningkatan dari siklus 1 sampai dengan siklus 2. Dari pernyataan siswa (1) saya tertarik dengan model pembelajaran yang digunakan meningkat dari 22 menjadi 25 siswa; (2) saya semakin bersemangat dalam belajar meningkat dari 19 menjadi 26 siswa; (3) saya bertambah kreatif dalam berbicara meningkat dari 20 menjadi 22 siswa; (4) saya mendapatkan pengalaman baru tetap 29 siswa; (5) saya semakin mudah mempraktikan materi pelajaran meningkat dari 10 menjadi 12 siswa; (6) saya lebih mudah mendapatkan ide dalam berbicara tetap 25 siswa; (7) saya memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah meningkat dari 19 menjadi 23 siswa; (8) saya lebih memperhatikan pelajaran meningkat dari 20 menjadi 23 siswa; (9) dan (10) yaitu saya selalu penasaran dengan materi pelajaran dan saya lebih mudah menuangkan ide ke dalam bahasa lisan meningkat dari 21 menjadi 26 siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata 71,03% atau masuk dalam kategori sangat tinggi. Kemudian pada siklus 2 diperoleh rata-rata 81,72%. Pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari keseluruhan aspek yang dinilai pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan (1) ide memperoleh skor 79 menjadi 122 ; (2) kejelasan kalimat memperoleh skor 79 menjadi 126; (3) aspek kebahasaan memperoleh skor 89 menjadi 120 ; (4) aspek nonkebahasaan memperoleh skor 86 menjadi 128 ; (5) kerapian berbicara memperoleh skor 88 menjadi 122 . Pada prasiklus jumlah rata-rata dari keseluruhan mencapai 8,62. Pada siklus 1 jumlah rata-ratanya mencapai 14,51 angka ini meningkat dari prasiklus. Jumlah rata-rata pada siklus 2 pun mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 21,31. Kata Kunci: metode, jigsaw learning, berbicara, bahasa Indonesia |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |