Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS X SMA N 9 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Avi Fitriana
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Avi Fitriana. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Model Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran model tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012, (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf dengan model tutor sebaya. Subjek penelitian ini adalah kelas X-3 SMA Negeri 9 Purworejo 32 siswa. Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang diawali dengan prasiklus dan dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes. Dalam teknik analisis data digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam teknik penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) proses pelaksanaan pembelajaran model tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi, dilaksanakan dengan diawali prasiklus. Tindakan perbaikan dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada prasiklus pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan metode ceramah. Pada siklus I dan siklus II menggunakan metode tutor sebaya. Siklus I diawali dengan penjelasan guru tentang paragaraf deskripsi. Setelah itu, guru membuat kelompok menjadi 6 setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Dalam setiap kelompok ada siswa yang ditunjuk menjadi tutor. Tutor tersebut berperan untuk membantu siswa lain yang kurang mengerti tentang paragraf deskripsi. Siklus II merupakan tindakan perbaikan setelah dilaksanakan siklus I. Proses pembelajaran pada siklus II ini, telah berjalan dengan lancar seperti apa yang diinginkan oleh guru, (2) terdapat peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo setelah diadakan penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui model tutor sebaya. Berdasarkan hasil data penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi, pada prasiklus nilai rata-rata hanya 56,47 pada siklus I menjadi 66,84. Dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,37 termasuk kategori cukup. Pada siklus I nilai rata-rata hanya 66,84 pada siklus II menjadi 76,41. Dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 9,57 dapat dikategorikan baik. Kata Kunci: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, tutor sebaya.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya