Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS AKSARA JAWA MELALUI MEDIA ULAR TANGGA SISWA KELAS V SDN 1 KALIJOYO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang TIKA PURNAMASARI
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA JAWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MU
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Tika Purnamasari. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Aksara Jawa Melalui Media Ular Tangga Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalijoyo Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012 (Skripsi) Purworejo: Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Permasalahan yang diteliti bertujuan untuk mengungkap:1. Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran membaca teks aksara Jawa dengan menggunakan media ular tangga siswa kelas V SDN 1 Kalijoyo Kebumen? 2. Bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca teks aksara Jawa kelas V SDN 1 Kalijoyo Kebumen? 3. Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar kelas V SDN 1 Kalijoyo Kebumen? Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Kalijoyo Kebumen tahun ajaran 2011/2012 pada materi membaca teks aksara Jawa menggunakan media ular tangga. Penelitian tindakan kelas ini dalam tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, sedangkan non tes berupa observasi, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif dan rata-rata (mean) untuk menganalisis data keterampilan membaca teks aksara Jawa menggunakan media ular tangga. Tindakan pembelajaran menggunakan media ular tangga yaitu, (a) kegiatan prasiklus membaca teks aksara Jawa tidak menggunakan media pembelajaran; (b) kegiatan siklus I pembelajaran membaca teks aksara Jawa menggunakan media ular tangga dengan aksara Jawa pasangan dan sandhangan lebih banyak; (c) kegiatan siklus II pembelajaran menggunakan media ular tangga gambar lebih variasi dibanding siklus I, teks aksara Jawa lebih sedikit dibanding siklus I. Dari hasil penelitian bisa dilihat nilai rata-rata dari tahap prasiklus 66,80%, siklus I 69,87%, sedangkan siklus II 82,27%. Dari tahap prasiklus sampai siklus I meningkat 3,07, siklus I sampai siklus II bisa meningkat 12,4. Sedangkan ketuntasan dari prasiklus 33,33%, siklus I 56,67%, lan siklus II 100%. Selain itu dari hasil motivasi belajar membaca teks aksara Jawa siswa kelas V SDN 1 Kalijoyo Kebumen bisa dilihat dari setiap kegiatan siklus, yaitu (a) kegiatan prasiklus bisa dilihat bahwa siswa belum tertarik belajar aksara Jawa. Dari hasil angket (kuesioner) menghasilkan prosentase lebih tinggi yaitu 66,7% yang artinya “cukup”, (b) dari hasil kegiatan siklus I dan siklus II yaitu bisa meningkat jadi 100% artinya “sangat baik” kegiatan siklus I dan siklus II ini berhasil. Jadi, bisa diperoleh simpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga mampu meningkatkan keterampilan membaca teks aksara Jawa siswa kelas V SDN 1 Kalijoyo Kebumen. Kata kunci : Membaca Teks Aksara Jawa, Media Ular Tangga
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya