Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA PENINGKATAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS X2 SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Siti Alfiah
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Siti Alfiah. Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X 2 SMA Muhammadiyah Gombong Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo.2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapan: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menyimak cerita rakyat pada siswa kelas X2 SMA Muhammadiyah Gombong dengan menggunakan media audio visual.2) Mendeskripsikan kemampuan menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas X2 SMA Muhammadiyah Gombong. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menyimak menurut Tarigan (1986:28) yaitu suatu proses kegiatan mendengarkan lambanglambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interprestasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang disampaikan oleh pembicara melalui ujaran. Menurut Oemar Hamalik (1986:11), media adalah suatu bagian intergral dari proses pendidikan di sekolah. Menurut Daryanto (2010:86), video/ media audio visual merupakan suatu medium yang sangat efektif untuk membantu proses pembelajaran, baik untuk pembelajaran bahan massal, individual, maupun berkelompok. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru Bahasa Jawa. Tindakan penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah Gombong dan guru Bahasa Jawa. Penelitian ini bertempat di SMA Muhammadiyah Gombong yang beralamat di desa Srampadan Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Dalam teknik analisis data ini dengan cara menghitung mean. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata tes pada kegiatan prasiklus menyimak cerita Rara Jonggrang sebesar 56,6%. Pada siklus I siswa memperoleh rata-rata sebesar 70,34%. Pada siklus II keterampilan cerita rakyat juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 78,7%. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata diatas dapat dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum tindakan hingga sesudah tindakan nilai rata-rata keterampilan menyimak siswa telah mengalami peningkatan. Kurang minatnya siswa selama proses tindakan dan kurangnya sarana prasanadalam proses pembelajaran menyimak cerita rakyat menjadi penghambat utama bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Akan tetapi hal tersebut akan dapat teratasi oleh guru Bahasa Jawa dan peneliti dengan kesepakatan bersama menggunakan media audio visual karena dengan media audio visual dapat memudahkan siswa menyimak cerita rakyat dan dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat. Kata Kunci : Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya