Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA (BERDIALOG) BAHASA JAWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 31 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Rizky Rizaldy
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Sebastopol, CA
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Rizky Rizaldy. “Peningkatan Keterampilan Berbicara (Berdialog) Bahasa Jawa Melalui Metode Role Playing pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 31 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara (berdialog) bahasa Jawa melalui metode role playing pada siswa kelas VII E SMP Negeri 31 Purworejo; (2) hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 31 Purworejo terhadap penggunaan metode role playing dalam pembelajaran berbicara (berdialog) bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan guru bahasa Jawa SMP N 31 Purworejo. Objek penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara (berdialog) bahasa Jawa dan hasil belajar siswa berupa keterampilan berbicara (berdialog) bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, (1) hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap prasiklus ke siklus I nilai rata-rata meningkat dari 53,1 menjadi 81,8 terjadi peningkatan sebesar 11, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,4 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,6. Sedangkan dari pra siklus ke siklus II meningkat sebesar 30,3, sehingga pada siklus II menjadi 83,4 (2) hasil belajar siswa pada pra siklus memiliki ketuntasan 34,3% dengan nilai rata-rata sebesar 66,9. Pada siklus I memiliki ketuntasan 100% dengan nilai ratarata 82,9. Pada siklus II memiliki ketuntasan 100%, dengan nilai rata-rata sebesar 86,2. Dengan begitu antara prasiklus dengan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 65,7%. Ketuntasan siklus I dengan siklus II samasama sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode role playing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbicara (berdialog) bahasa Jawa. Kata Kunci : Keterampilan, Berbicara (Berdialog) Bahasa Jawa, Role Playing
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya