Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERHURUF JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE (LC) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MIRIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Nunuk Windarti
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Nunuk Windarti. 2012. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Berhuruf Jawa dengan Menggunakan Model Learning Cycle (LC) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2012/2013 (Skripsi) Purworejo: Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan membaca teks berhuruf Jawa dengan menggunakan model Learning Cycle (LC). Model Learning Cycle (LC) merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga pebelajar dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Tahap-tahap pembelajaran Model Learning Cycle (LC) adalah pembangkitan minat (engagement), eksplorasi (exploration), penjelasan (explanation), elaborasi (elaboration), evaluasi (evaluation). Membaca dapat diartikan sebagai suatu metode yang kita pergunakan untuk berkomunikasi dengan diri kita sendiri dan kadang-kadang dengan orang lain yang mengkomunikasikan makna yang terkandung atau tersirat pada lambang-lambang tertulis (Anderson, 1972: 3). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama tiga siklus ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mirit pada bulan Juli sampai Agustus 2012 dengan objek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 36 siswa. Empat kegiatan utama yang ada pada siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan kuantitatif persentase. Hasil penelitian dengan menggunakan model Learning Cycle (LC), dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik dan kemampuan membaca teks berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2012/2013. Nilai rata-rata dan persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 70,83 dan 91,67%, Siklus II sebesar 77,5 dan 100% mengalami peningkatan menjadi 81,11 dan 100% pada siklus III. Nilai rata-rata dan persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 64,11 dan 50,00%, siklus II sebesar 70,8 dan 75,00% mengalami peningkatan menjadi 80,89 dan 100% pada siklus III. Nilai rata-rata dan persentase hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 68,00 dan 52,78%, siklus II sebesar 71,67 dan 75,00% mengalami peningkatan menjadi 79,45 dan 94,45% pada siklus III. Nilai rata-rata dan persentase kemampuan membaca teks berhuruf Jawa siswa pada siklus I sebesar 65,55 dan 61,11%, siklus II sebesar 70,33 dan 66,67% mengalami peningkatan menjadi 74,11 dan 86,11% pada siklus III. Kata Kunci: membaca teks berhuruf Jawa, model Learning Cycle (LC)
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya