Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS GEGURITAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX. I MTs NEGERI KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Murniasih
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Murniasih. Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Geguritan dengan Media Gambar pada Siswa Kelas IX. I MTs Negeri Klirong Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis geguritan dengan media gambar pada siswa kelas IX. I MTs Negeri Klirong; (2) peningkatan kemampuan menulis geguritan dengan media gambar pada siswa kelas IX. I MTs Negeri Klirong; dan (3) peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX. I MTs Negeri Klirong dalam menulis geguritan dengan media gambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX. I MTs Negeri Klirong yang berjumlah 38 siswa. Variabel penelitian menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian menulis geguritan, lembar pengamatan siswa, dan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatkan kemampuan dan motivasi belajar siswa dalam menulis geguritan. Peningkatan kemampuan menulis geguritan dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil belajar tiap siklus. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil belajar prasiklus sebesar 61,26 dan 23,68%, Siklus I sebesar 68,84 dan 60,53%, siklus II sebesar 74,11 dan 78,95% mengalami peningkatan menjadi 80,63 dan 86,84% pada siklus III. Hasil pengamatan dan kuesioner menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam menulis geguritan dan mengikuti proses pembelajaran. Pada saat prasiklus motivasi belajar siswa kurang. Pada siklus I motivasi belajar siswa cukup meningkat. Pada siklus II motivasi belajar siswa semakin meningkat. Pada siklus III motivasi belajar siswa semakin meningkat dibandingkan siklus sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya media pembelajaran yang menarik yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran menulis geguritan dapat meningkatkan kemamapuan dan motivasi belajar siswa dalam menulis geguritan. Kata-kata kunci: menulis, geguritan, media gambar vi ix
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya