Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA WACANA BERHURUF JAWA DENGAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Indah Asriyaningsih
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Indah Asriyaningsih. “Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berhuruf Jawa dengan Media Kartu pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) penerapan media kartu dalam pembelajaran keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Purworejo; (2) peningkatan hasil belajar keterampilan membaca wacana berhuruf dengan menggunakan media kartu pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Purworejo; (3) motivasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Purworejo terhadap penggunaan media kartu dalam pembelajaran membaca wacana berhuruf Jawa. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini meneliti siswa kelas VIIID SMP N 7 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan guru bahasa Jawa SMP N 7 Purworejo. Objek penelitian ini adalah siswa mengerjakan soal dengan materi membaca wacana berhuruf Jawa dan motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media kartu. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data-data yang telah dideskripsikan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap pra siklus ke siklus I meningkat 33,33%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10,00%, dan dari pra siklus ke siklus II meningkat 43,33%. (2) motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa siswa termotivasi dengan adanya media kartu berhuruf Jawa pada tahap siklus I yang memilih sangat setuju sebesar 25,62% sedangkan siklus II yang memilih sangat setuju sebesar 49,68%. Skor rataratanya sebesar 4,23 dan siklus II sebesar 4,49. (3) hasil belajar siswa pada pra siklus memiliki ketuntasan 46,87% dengan nilai rata-rata sebesar 68. Pada siklus I memiliki ketuntasan 68,75% dengan nilai rata-rata 78,38. Pada siklus II memiliki ketuntasan 87,5%, dengan nilai rata-rata sebesar 85,5. Dengan begitu antara pra siklus dengan siklus I mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 21,88%. Kemudian pra siklus dengan siklus II meningkat sebesar 40,63%. Peningkatan ketuntasan siklus I dengan siklus II sebesar 18,75%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca wacana berhuruf Jawa dengan media kartu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci : keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa, media kart
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya