Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng dalam Pembelajaran bahasa Jawa Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun pelajaran 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Endah Sriyani
Subyek/Subjek Bahasa Jawa]
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Endah Sriyani. 2012, “Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng dalam Pembelajaran bahasa Jawa Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun pelajaran 2011/2012 ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam proses pembelajaran melalui dongeng pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Karangsambung dan untuk mengetahui persentase peningkatan keterampilan berbicara melalui dongeng. Dalam penelitian ini, individu yang dijadikan subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Karangsambung tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian difokuskan pada peningkatan keterampilan berbicara menggunakan dongeng bahasa Jawa pada aspek urutan cerita, pilihan kata, lafal dan intonasi. Data diperoleh dari hasil skor siswa melalui evaluasi praktik berbicara menggunakan bahasa Jawa dan evaluasi tertulis. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa sebagian besar siswa senang dan tertarik dengan pembelajaran menggunakan dongeng. Selain itu, metode dongeng tersebut dapat membantu kesulitan siswa dalam berbicara. Dari hasil analisis data terlihat adanya peningkatan kemampuan berbicara, adalah terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata hasil pengamatan peneliti pada siklus I 2,85 dan meningkat menjadi 3,4 pada siklus II, jadi kenaikan rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran siklus I ke siklus II adalah 19,29 %. Selanjutnya, dilihat dari hasil tes berbicara pada siklus I diketahui 12 dari 27 siswa telah mencapai nilai KKM (70), dan meningkat pada siklus II di mana 22 dari 27 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (70). Hal itu dapat dilihat dari hasil tes berbicara siklus I dengan rata-rata 64,11 dan siklus II meningkat 73,40. Jadi rata-rata persentase peningkatan tes berbicara dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 14,49 %.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya