Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK GALI KUNCI SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH BAGELEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Eki Marlianasari
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Eki Marlianasari . Upaya Meningkatan Keterampilan menulis geguritan dengan teknik gali kunci siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis puisi/ geguritan kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dengan menggunakan teknik gali kunci; dan mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dalam pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan teknik gali kunci. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) (2) bagaimana langkah – langkah pembelajaran menulis geguritan kelas XI A SMP Muhammadiyah Bagelen dengan teknik gali kunci? bagaimana peningkatan prestasi siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dalam menulis geguritan dengan teknik gali kunci? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dari Kemnis &Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan guru SMP Muhammadiyah Bagelen Purworejo. Jumlah siswa 20 orang dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 11 dan siswa perempuan 9. Objek dari penelitian ini adalah hasil tes kemampuan menulis geguritan dan langkah– langkah menulis geguritan menggunakan teknik gali kunci. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, catatan lapangan, penugasan dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Langkah- langkah pembelajaran menulis geguritan dengan teknik gali kunci dilaksanakan dalam III siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan refleksi. (2) Peningkatan prestasi menulis geguritan siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 73 telah mengalami peningkatan sebesar 7,5 % dari nilai rata – rata prasiklus 65,5, pada siklus II nilai rata-ratanya 80,5 siswa mengalami peningkatan dalam menulis geguritan sebesar 7,5% dan siklus III nilai rata-ratanya 80,6% mengalami peningkatan sebesar 0,1 %. Hal ini menujukkan bahwa pembelajaran menulis geguritan dengan teknik gali kunci dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : geguritan, gali kunci
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya