Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul APRESIASI TEMBANG MACAPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KALENG PURING KEBUMEN
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Dwi Sinung Kurniawan
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Kurniawan, Dwi Sinung.2012.“Apresiasi Tembang macapat dengan Menggunakan Media Audio visual Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kaleng Puring Kebumen.” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kuranganya prestasi dan motivasi bahasa Jawa siswa kelas VIII MTs Negeri Kaleng Puring Kebumen sehinnga mengharuskan pemilihan media pembelajaran baru yang bisa merubah situasi dan kondisi siswa sehingga terlihat lebih aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran Tembang macapat dengan menggunakan media audio visual?,(2) bagaimanakah motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Tembang macapat dengan menggunakan media audio visual?, dan (3) bagaimanakah hasil kemampuan apresiasi Tembang macapat siswa kelas VIII setelah mengikuti pembelajaran tembang macapat dengan menggunakan media audio visual? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah apresiasi menurut Hornby dapat diberi pengertian sebagai pemahaman, pengenalan, pertimbangan, pernyataan yang berisi evaluasi (Hornby, 1983).Secara lebih rinci, Miturut Dissick (1975), ada 4 tingkatan apresiasi, yaitu (1) tingkat menggemari; (2) tingkat menikmati; (3) tingkat mereaksi: dan (4) tingkat produktif. Subjek dari penelitian in yaitu apresiasi tembang macapat dengan menggunakan mediaaudio visual pada siswa kelas VIII MTs Negeri Kaleng Puring Kebumen. Dengan teknik acak terpilihlah kelas VIII E sebagai subjek penelitian dengan jumlah 35 siswa.Pelaksanaan penelitian tindakan dilakukan dalam satu kelas untuk diamati dan dicatat perkembangan yang terjadi.Adapun langkah kerja dalam penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan berpedoman pada suatu rangkaian langkah-langkah yang terbagi atas dua siklus atau dua putaran dengan menggunakan metode demontrasi. Hasil peningkatan apresiasi tembang macapat siswa kelas VIII MTs Negeri Kaleng dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut meliputi beberapa aspek yaitu aspek ekspresi, intonasi dan pelafalan (1) Skor peningkatan kemampuan menembangkan tembang macapat diperoleh dari skor rata-rata siklus II dikurangi skor rata-rata prasiklus (2) Peningkatan aspek ekspresi sebesar 1.7 dari 6.5 menjadi 8.2. Nilai aspek intonasi 6.6 dan pada akhir tidakan sebesar 8.4 artinya naik sebesar 1.8. peningkatan sebesar 1.8 terjadi pada aspek pelafalan, naik dari 6.4 menjadi 8.2. (3) Selain dapat meningkatkan kemampuan menembangkantembang macapat, media audio visual dapat membuat suasana kelas menjadi lebih hidup, siswa aktif dan kreatif sedangkan guru dapat berperan secara maksimal. Kata kunci: tembang macapat, media audio visual
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119