Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Beraksara Jawa dengan Menggunakan Metode Permainan puzzle pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kebumen
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Solikhah, Dian Mar’atus
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Solikhah, Dian Mar’atus. 2012. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Beraksara Jawa dengan Menggunakan Metode Permainan puzzle pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kebumen” (Skripsi). Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo 2012. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode permainan puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca teks beraksara Jawa, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca teks beraksara Jawa pada kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kebumen. Adapun tujuan dari peneliti ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode permainan puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca teks beraksara Jawa, (2) Mendeskripsikan bagaimana peningkatan keterampilan membaca teks beraksara Jawa pada kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kebumen. Teori yang dipakai pada penelitian ini yaitu teori Tarigan (1983: 7) yang menyatakan bahwa “membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis” dan teori Sadiman (dalam Rachmawati, 2009: 3) yang menyatakan bahwa “permainan adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan, sesuatu yang menghibur dan menarik. Permainan memungkinkan adanya partisipasi aktif dari siswa untuk belajar. Permainan dapat memberikan umpan balik langsung. Permainan memungkinkan siswa untuk memecahkan masalah-masalah yang nyata. Permainan memberikan pengalamanpengalaman nyata dan dapat diulangi sebanyak yang dikehendaki serta membantu siswa meningkatkan kemampuan komunikatifnya”. Penelitian itu dinamakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus itu ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan lan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kebumen berjumlah 33 siswa. Objek penelitian yaitu kemampuan siswa, desain penelitian, prosedur penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, catatan lapangan, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah dalam pembelajaran ini terdapat 2 siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Penilitian ini menggunakan metode permainan puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca teks beraksara Jawa. (2) peningkatan keterampilan membaca teks beraksara Jawa nilai rata-rata pada kegiatan prasiklus 72,72. Pada prasiklus ke siklus I naik 76,36 atau mengalami peningkatan 2,4%. Pada siklus I ke siklus II mencapai 81,45 atau mengalami peningkatan 3,2%. Jadi, dengan menggunakan metode permainan puzzle, dapat meningkatkan membaca teks beraksara Jawa murid Kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kebumen tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: Membaca, aksara Jawa, metode permainan puzzle
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya