Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS SESORAH INFORMATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Awan Untung Hariyono
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Awan Untung Hariyono. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Sesorah Informatif Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams-Achivement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah pembelajaran sesorah informatif menggunakan STAD; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis sesorah informatif siswa setelah mendapatkan pembelajaran sesorah menggunakan model STAD; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran sesorah informatif menggunakan STAD pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Wonosobo. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning); pelaksanaan tindakan (acting); pengamatan (observing); dan refleksi (reflecting). Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri dari menulis sesorah informatif dan tes pilihan ganda, nontes terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi foto.Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian terlihat bahwa pembelajaran menggunakan metode STAD mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis sesorah informatif. Hasil tes prasiklus terlihat rata-rata nilai kelas sebesar 61,4 meningkat menjadi 74,8 pada siklus I dengan peningkatan sebesar 13,4. Setelah diadakan siklus II rata-rata nilai mencapai 80,3 dengan peningkatan sebesar 18,9 dari hasil prasiklus, dan sebesar 5,5 dari hasil siklus I. Berdasarkan hasil nontes yang meliputi observasi, dan dokumentasi foto, pada siklus I dan II juga mengalami peningkatan perilaku belajar siswa ke arah yang positif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode STAD mampu meningkatkan keterampilan menulis dan minat belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Wonosobo. Kata kunci: sesorah, informatif, STAD
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119