Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN MENYIMAK PAWARTA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Agnes Hafifah
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Agnes Hafifah. “Penggunaan Media Pembelajaran Media Video sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Keterampilan Menyimak Pawarta pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran keterampilan menyimak pawarta menggunakan media video pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak pawarta menggunakan media pembelajaran video pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku setelah pembelajaran keterampilan menyimak pawarta pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 3 siklus yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Kebumen. Setiap 3 siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, dan objek penelitian adalah langkah-langkah pembelajaran keterampilan menyimak pawarta, peningkatan pembelajaran keterampilan menyimak pawarta, dan perubahan perilaku siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan pembelajaran keterampilan menyimak pawarta menggunakan media video pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Kebumen yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran keterampilan menyimak pawarta pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, (2) peningkatan keterampilan menyimak pawarta yaitu pada prasiklus nilai rata-rata 61,4, pada siklus I nilai rata-rata 68,5, siklus II nilai rata-rata 85,06, siklus III nilai rata-rata 86,3. siklus I peningkatan 7,1 dari nilai rata-rata prasiklus, untuk siklus II peningkatan 16,5 dari nilai rata-rata siklus I, siklus II peningkatan 24,02 dari III, dan pada siklus III peningkatan 24,09 dari prasiklus, (3) perubahan perilaku siswa dalam proses pembelajaran dapat dikategorikan baik dalam menciptakan minat siswa. Kata kunci: menyimak pawarta, media video.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya