DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI GEOMETRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS UNTUNGSUROPATI KECAMATAN AMBAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Yuni Setiasih |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Yuni Setiasih. Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD Berbantuan Alat Peraga pada Materi Geometri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri se- Gugus Untung Suropati Kecamatan Ambal Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuiapakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi geometri di SD Negeri se-Gugus Untung Suropati tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-gugus Untung Suropati Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa sebanyak 189 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 67 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus koreasi produc moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 2,56lebihbesar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak ini berarti prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan mode pembalajran konvensional. Dari rata-rata marginalnya, nilai rata-rata pada metode pembelajaran kooperatif tipeSTAD diperoleh 79,56, sedangankan nilai rata-rata pada materi pembelajaran konvensional (ceramah) diperoleh 69,27. Kata kunci: pembelajaran, STAD, konvensional |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |