Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN METODE NHT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP N 3 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Yuli Nuryani
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Yuli Nuryani. Penerapan Metode NHT terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok bagi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mana yang lebih baik antara metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) atau metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi kubus dan balok di SMP N 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 195 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 1,849 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada prestasi belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Kata kunci: pembelajaran, Numbered Heads Together, konvensional
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya