Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA MATERI POKOK DIFERENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS SMA N 1 PREMBUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Uswatun Khasanah
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Uswatun Khasanah. 2012. Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw II Pada Materi Pokok Diferensial Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas XI SMA N 1 Prembun Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi mana yang lebih baik antara kelas yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II atau dengan pembelajaran ekspositori pada materi pokok diferensial pada siswa kelas XI IS SMA N 1 Prembun tahun pelajaran 2011/2012 yang dilihat dari hasil belajar matematika siswa, yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru yang ingin menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA N 1 Prembun. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, data analisis dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan uji t (uji pihak kanan) dengan n1 = 36, n2 = 36, taraf signifikansi 5%, diperoleh thitung = 3.241 > ttabel = 1.6669. sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok dimana rerata kelas eksperimen = 71.94 dan rata-rata kelas kontrol = 62.36, kesimpulan sebagai berikut: strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori pada materi pokok diferensial pada siswa kelas XI IS SMA N 1 Prembun tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II, Hasil Belajar, Diferensial (Turunan)
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya