Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE GUGUS HOS COKROAMINOTO KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Tri Haryanti
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Tri Haryanti. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD se-Gugus HOS Cokroaminoto Kecamatan Kutoarjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode ekspositori pada materi pecahan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD semester II se-Gugus HOS Cokroaminoto Kutoarjo tahun pelajaran 2011/2012. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu kelas IV SD Negeri 1 Katerban sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa, kelas IV SD Negeri 1 Bayem sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa dan kelas IV SD Negeri Semawung Kembaran sebagai kelas uji coba dengan jumlah 29 siswa. Kelas eksperimen diberi pelajaran dengan pendekatan RME, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum instrumen tes digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba. Analisis instrumen tes menggunakan validitas tes dengan rumus korelasi Product Moment dengan angka kasar dan reliabilitas tes menggunakan rumus Kuder Richardson (KR-20), sedangkan analisis butir tes dengan uji daya pembeda dan taraf kesukaran. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-t dan sebagai persyaratan analisis data dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen = 72 dan rata-rata nilai kelompok kontrol = 66,43. Dengan n1 = 30 dan n2 = 21 diperoleh tobs = 1,7497. Dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 49 diperoleh ttabel = 1,6450. Ini dapat dilihat bahwa tobs > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak sehingga H1 diterima. Maka kesimpulannya adalah hasil belajar matemetika siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih baik dibanding yang menggunakan metode ekspositori pada materi pecahan. Kata Kunci: RME, Pecahan
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya