Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DALAM POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS PUTUT KECAMATAN MIRIT TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang SUWARNI
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Suwarni. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas V SD Negeri se-Gugus Putut Kecamatan Mirit Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBM dengan model pembelajaran ekspositori kelas V SD Negeri se-Gugus Putut Kecamatan Mirit tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dan teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan stratified cluster sampling, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Putut Kecamatan Mirit tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 141 siswa. Sampel penelitian diambil sejumlah 37 siswa, yaitu 18 siswa kelompok eksperimen dan 19 siswa kelompok pembanding. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dua pihak. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata tes awal (pre test) kelompok eksperimen sebesar 54.444, rerata tes akhir (post test) kelompok eksperimen sebesar 73.6667. Sedangkan rerata tes awal (pre test) kelompok pembanding sebesar 51.3889, rerata tes akhir (post test) kelompok pembanding sebesar 61.3889. Pada hasil pre test, rerata skor kelas eksperimen dan kelas pembanding termasuk dalam kriteria cukup. Pada hasil post test, rerata skor kelas eksperimen termasuk dalam kriteria baik, sedangkan rerata skor kelas pembanding termasuk dalam kriteria cukup. Dari hasil pengujian dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak diperoleh nilai thitung = 2.9235, dengan derajat kebebasannya adalah 15 + 18 – 2 = 31 kemudian dikonsultasikan dengan derajat kesalahan 5% diperoleh ttabel = 1.960. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (2.9235 > 1.960) dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar yang menggunakan model PBM dengan model pembelajaran ekspositori. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Ekspositori, Pecahan
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119