Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE MATERI LINGKARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Sugeng Warisno
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Sugeng Warisno. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Think Pair Share Materi Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: apakah prestasi belajar matematika yang menggunakan model TPS lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Adimulyo. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen yang diberikan model TPS nilai rata-ratanya sebesar 69.032 sedangkan kelas kontrol yang diberikan model konvensional nilai rata-ratanya sebesar 61.96. Kemudian uji normalitas data akhir kelas eksperimen menunjukkan L = 0.1321, dengan taraf signifikansi (α) = 5% diperoleh L = 0.1591. Sehingga L < L , maka data berdistribusi normal. Selanjutnya uji normalitas data akhir kelas kontrol menunjukkan L = 0.1511, dengan taraf signifikansi (α) = 5% diperoleh L = 0.1542. Sehingga L < L , maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas data akhir juga menunjukkan χ = 0.142 sedangkan χ = 3.841. Sehingga χ < χ , maka data akhir juga homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan t = 2.907, dengan taraf signifikansi (α) = 5% diperoleh t = 1.645. Ini artinya t > t yang berarti H ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar yang menggunakan model TPS lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: TPS (Think Pair Share), Konvensional, Prestasi belajar, Lingkaran
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya