Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Septiyan Cahyadi
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Septiyan Cahyadi. 2012. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Investigasi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih baik dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Lingkaran kelas VIII siswa SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi penelelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari enam kelas SMP Negeri 1 Adimulyo. Sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling untuk mengambil kelas eksperimen yaitu kelas VIII F dan kelas kontrol yaitu kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dimana data awal yang diambil adalah dari nilai MID semester II dan metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar matematika pada siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari analisis data awal yaitu perhitungan normalitas dari kedua kelompok, yang pertama pada kelompok eksperimen terlihat nilai = 0,1548 dan = 0,1591, terlihat bahwa ≤ , hal ini berarti H0 diterima, jadi sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Perhutingan normalitas yang kedua yaitu pada kelompok kontrol terlihat nilai = 0,1361 dan = 0,1542, terlihat bahwa ≤ , hal ini berarti H0 diterima, jadi sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan analisis data awal untuk perhitungan homogenitas terlihat nilai = 0,2549 dan = 3,814 maka terlihat bahwa ≤ , hal ini bertarti H0 diterima, jadi variansi dari populasi tersebut sama. Untuk hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kelas eksperimen = 62,258 dan rata-rata kelas kontrol = 54,242. Dengan jumlah siswa dalam kelas ekperimen adalah 31 dan jumlah siswa dalam kelas kontrol adalah 33 diperoleh perhitungan = 3,328 dan = 1,670 , maka terlihat bahwa ≥ , hal ini berarti bahwa prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi Lingkaran kelas VIII siswa SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Investigasi Kelompok, Model Pembelajaran, Prestasi Belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya