Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII MTs N KLIRONG TAHUN 2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Rakhmat Irfangi
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Rakhmat Irfangi. Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Penguasaan Materi Segitiga Siswa Kelas VII MTs N Klirong Tahun 2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penguasaan materi siswa menggunakan pembelajaran CIRC dengan pendekatan PMR lebih baik dibanding pembelajaran konvensional materi segitiga pada siswa kelas VII semester II MTs N Klirong Tahun 2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas VII MTs N Klirong tahun 2012 dengan jumlah populasi sebanyak 8 kelas, dengan cluster random sampling kemudian didapat kelas 7.6 sebagai kelas eksperimen, kelas 7.4 sebagai kelas kontrol, dan kelas 7.2 sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dan metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data sebelum perlakuan yaitu perhitungan normalitas menggunakan metode Lilliefors, pada kelas eksperimen nilai Lobs = 0,092 dan Ltabel = 0,140, terlihat bahwa Lobs ≤ Ltabel , maka sampel berdistribusi normal. Pada kelas kontrol nilai Lobs = 0,071 dan Ltabel = 0,140, bahwa Lobs ≤ Ltabel , maka sampel berdistribusi normal. Untuk perhitungan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett nilai χobs 2 = 0,1,086 dan χtabel 2 = 3,841 maka terlihat bahwa χobs 2 ≤ χtabel 2 , maka variansi populasi tersebut homogen. Hasil analisis deskripsi menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen = 72,25 dan rata-rata kelas kontrol = 65,50. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 dan dk = 78, dengan n1 = 40 dan n2 = 40, diperoleh tobs = 2,114 dan ttabel = 1,645, maka terlihat bahwa tobs ≥ ttabel , sehingga H0 ditolak, ini berarti penguasaan materi siswa menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan PMR lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi segitiga siswa kelas VII semester II MTs N Klirong tahun 2012. Kata-kata kunci : CIRC, PMR, segitiga, penguasaan materi
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya