Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 4 KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Purwanti
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Purwanti. Eksperimentasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Segiempat di Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Kalibening Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: mana yang lebih baik antara hasil belajar siswa kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran ekspositori pada materi segiempat khususnya persegi dan persegi panjang di SMP N 4 Kalibening tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Kalibening Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas A sampai kelas D dengan jumlah siswa sebanyak 80 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 40 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas C sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes hasil belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lillifors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 1,79 lebih besar dari ttabel sebesar 1,74 sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori di SMP N 4 Kalibening kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Model pembelajaran, Jigsaw, persegi dan persegi panjang.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya