Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Prihutami Aji
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Prihutami Aji. Eksperimentasi Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Prisma dan Limas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP sekecamatan Kutowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII dengan metode pembelajaran problem solving lebih baik daripada metode pembelajaran ceramah pada materi prisma dan limas di SMP se-kecamatan Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP se-kecamatan Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh SMP baik swasta maupun negeri dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 1170 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 58 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu di ujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 2,743 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak ini berarti metode pembelajaran problem solving menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada metode pembelajaran ceramah pada materi prisma dan limas pada peserta didik kelas VIII SMP se-kecamatan Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Metode Problem Solving, Prisma dan Limas, Metode Ceramah
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119