Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIANDANHASIL BELAJARMATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII B MTs NEGERI BENER
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Nuning Rahayu
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Nuning Rahayu. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika materi segiempat pada siswa kelas VII B MTs Negeri Bener. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini diterapkan pada materi bangun datar segiempat yaitu keliling dan luas segiempat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan selama 2 siklus yang masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Bener pada siswa kelas VII B Tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode yaitu metode observasi, metode tes dan metode angket. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa rerata kemandirian belajar dari hasil observasi pada siklus I sebesar 54,82% dan pada siklus II sebesar 72%. Sedangkan dari hasil angket pada siklus I sebesar 68,33% dan pada siklus II sebesar 71,19%. Sedangkan rerata hasil belajar pada pra tindakan sebesar 50,75 kemudian pada siklus I sebesar 64,14 dan pada siklus II mencapai 72,29. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra tindakan sebesar 2,78%, pada siklus 1 sebesar 37,14% dan pada siklus II sebesar 62,86%. Ini berarti kemandirian dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa di kelas VII B MTs Negeri Bener tahun pelajaran 2011/2012 pada materi keliling dan luas segiempat. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, TPS, kemandirian, hasil belajar siswa
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya