Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGGUNAAN WINGEOM BERACUAN KONSTRUKTIVISME DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Nita Apriliana
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Nita Apriliana. Penggunaan Wingeom Beracuan Konstruktivisme dalam Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Purworejo melalui penggunaan Wingeom beracuan konstruktivisme. Penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai bulan Juli 2012 pada semester dua tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 29 Purworejo. Penelitian dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 29 Purworejo yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi dan tindak lanjut. Kegiatan tersebut disebut dengan satu siklus kegiatan, dengan pelaksanaan 2 siklus utama yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket motivasi, angket tanggapan siswa terhadap pembelajran menggunakan Wingeom dan tes prestasi materi bangun ruang sisi datar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan analisis persentase. Dengan indicator keberhasilan 85% dengan KKM 65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan diperoleh rerata sebesar 62,08 dengan ketuntasan klasikal 40%, sedangkan pada siklus I diperoleh rerata 72,56 dengan ketuntasan klasikal 64%, hingga pada siklus II rerata meningkat menjadi 81,52 dengan ketuntasan klasikal 88%. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi siklus I mencapai kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi. Untuk tanggapan siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I mendapat tanggapan dengan kategori sedang dan pada siklus II mendapat tanggapan pada kategori sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 29 Purworejo melalui penggunaan Wingeom beracuan konstruktivisme. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Geometri Ruang, Wingeom, Konstruktivisme
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119