Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 36 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang MUCHLISIN
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Muchlisin. Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 36 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model PMRI lebih baik daripada prestasi siswa yang diajar menggunkan model konvensional pada kompetensi dasar menghitung luas dan volume kubus, balok, prisma, dan limas pada siswa kelas VIII SMP N 36 Purworejo tahun poelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 36 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012, yang seluruhnya ada 6 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan tes evaluasi dalam bentuk pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t hipotesis pihak kanan. Sebelum data penelitian yang diperoleh dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis variansi yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett taraf signifikansi 0.05. Dari pengambilan data setelah perlakuan didapatkan rata-rata nilai, untuk kelas eksperimen rata-ratanya 55.23 dan untuk kelas kontrol rata-ratanya 46.98. Namun pada uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan tobs sebesar 1.4196, sedangkan t0.05;56 berdasarkan tabel sebesar 1.645. Sehingga tobs < t0.05;56, hal ini berarti tobs  DK. Hal ini menyebabkan keputusan uji H0 diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model PMRI tidak lebih baik daripada prestasi siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada kompetensi dasar menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas pada siswa SMP N 36 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan kesimpulan tersebut dan dikarenakan rerata nilai prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan PMRI masih dibawah 60 (batas tuntas), maka tidak diadakan uji lanjut, dan dikatakan bahwa model PMRI tidak efektif untuk diterapkan terhadap kompetensi dasar menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas pada siswa kelas VIII SMP N 36 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Kata-kata kunci: model PMRI, model pembelajaran konvensional, prestasi belajar.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya