Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI LUAS SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang MOH. SAECHU
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Moh. Saechu “Eksperimentasi Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Prestasi Belajar Materi Luas Segitiga pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012” Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Purworejo. 2012 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pembelajaran menggunakan metode CTL lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan metode ekspositori pada materi luas segitiga. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu Januari 2012- Februari 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kebumen yang terdiri dari 10 kelas yaitu kelas VII A – VII J. Sampel dalam penelitian untuk kelompok kontrol adalah siswa kelas VII G sedangkan untuk kelompok eksperimen adalah siswa VII I. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih sebagai kelompok uji coba soal instrumen adalah siswa kelas VII C dimana soal tersebut berjumlah 35 dengan hasil perhitungan untuk daya pembeda > 0,20 dan taraf kesukaran 0,25 ≤ P ≤ 0,75 mendapatkan soal yang diterima berjumlah 16, sedangkan validitasnya adalah 0,624 termasuk validitas tinggi dan reliabilitasnya adalah 0,75 termasuk reliabilitas tinggi. Pengambilan data penelitian menggunakan metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kemampuan prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 70,87 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 62,71. Dari hasil uji statistik satu pihak diperoleh thitung = 2,55. Dengan dk = 71 dan = 5% diperoleh nilai ttabel = 1,6666. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak. Disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran menggunakan CTL lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran ekspositori. Untuk itu disarankan agar menggunakan metode pembelajaran CTL sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika di sekolah MTs Negeri 2 Kebumen Tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: Eksperimentasi, CTL, ekspositori dan prestasi belajar.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119