Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PMRI PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 23 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Mochammad Arifin
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Mochammad Arifin 082143336. Eksperimentasi PMRI Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar matematika yang menggunakan model PMRI lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok bagi siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas A sampai dengan kelas F dengan jumlah siswa sebanyak 192 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas D sebagai kelas kontrol dan kelas F sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes hasil belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lillifors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobservasi sebesar 2,369 lebih besar dari ttabel sebesar 1,6703 sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang menggunakan model PMRI lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok bagi siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Model pembelajaran PMRI, Hasil Belajar Siswa
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya