Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PENDEKATAN PAKEM PADA MATERI PERSEGI PANJANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN SEGUGUS PUNTHO DEWO KECAMATAN PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Masithoh
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Masithoh. Eksperimentasi Pendekatan PAKEM pada Persegi Panjang terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN se-Gugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan menggunakan metode ceramah pada materi persegi dan persegi panjang di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011-2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011-2012 yang terdiri dari tujuh SDN. Sampel dalam penelitian berjumlah 46 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa yang berbentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan product moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 1,84 lebih besar dari ttabel sebesar 1,65 sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada materi persegi dan persegi panjang yang menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada yang menggunakan metode ceramah di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011-2012. Kata kunci: Eksperimentasi, pendekatan PAKEM, hasil belajar matematika
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya