Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP SEDERAJAT SE-KECAMATAN PITURUH TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Hermanto
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Hermanto. Eksperimentasi Pembelajaran Metode Problem Solving Pada Materi Segiempat Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP Sederajat se-kecamatan Pituruh Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VII dengan metode pembelajaran problem solving lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional pada materi segiempat di SMP sederajat se-Kecamatan Pituruh tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP se- Kecamatan Pituruh tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh SMP baik swasta maupun negeri. Sampel dalam penelitian berjumlah 73 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan teknik korelasi product moment kriterium, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 3,243 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak ini berarti metode pembelajaran problem solving menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional pada materi segiempat di SMP se-derajat se-kecamatan Pituruh. Kata kunci: Metode Problem Solving, Segiempat , Metode Konvensional viii
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya