Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS VIII E SMP NEGERI 1 KAJORAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang FAJ’RIYATUL ISMIJAH
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Faj’riyatul Ismijah. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kajoran Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII E di SMP Negeri 1 Kajoran tahun pelajaran 20011/2012? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian yaitu kelas VIII E yang berjumlah 34. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Model pembelajarn yang diterapkan adalah model pembelajaran Problem Posing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I pertemuan 1 adalah 46% setelah diberi tindakan pada siklus II meningkat menjadi 69%. Pada pertemuan 2 siklus I persentase 24% setelah diberi tindakan pada siklus II meningkat menjadi 78%. Pada siklus I pertemuan 3 adalah 69% megalami peningkatan setelah diberi tindakan pada siklus II yaitu 84%, sedangkan pada pertemuan 4 siklus I persentase keaktifan siswa 72% setelah diberi tindakan pada siklus II meningkat menjadi 86% dan aktivitas belajar siswa kelompok 1 dari 53% menjadi 56%, kelompok 2 dari 57% menjadi 63%, kelompok 3 dari 52% menjadi 60%, kelompok 4 dari 51% menjadi 57%, kelompok 5 dari 50% menjadi 63%. Prestasi belajar siswa meningkat dari 32,35% pada kondisi awal, meningkat menjadi 44,11% setelah diberi tindakan siklus I dan meningkat menjadi 70,58% setelah diberi tindakan siklus II dan rata-rata nilai siswa meningkat dari 60,52 pada kondisi awal menjadi 64,70 setelah diberi tindakan siklus I dan meningkat lagi menjadi 69,82 setelah diberi tindakan siklus II pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kajoran Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi belajar dan Model Pembelajaran Problem Posing
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya