Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Erni Yunita
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Erni Yunita. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada sub pokok bahasan ”Menghitung luas permukaan dan volume kubus dan balok”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan selama 8 bulan, mulai dari Desember 2011 sampai dengan Juli 2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa. Faktor yang diteliti berupa peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Instrumen soal yang diujikan berbentuk uraian dan telah diuji validitas isinya oleh validator sebanyak 3 orang yang merupakan para guru matematika di SMP Negeri 4 Purworejo. Peneliti juga menghitung reliabilitas untuk menentukan baik tidaknya instrumen pengumpulan data. Rumus reliabilitas yang digunakan peneliti adalah rumus alpha. Instrumen dalam penelitian ini sebesar 0,65375 pada soal akhir siklus I dan 0,614 pada soal akhir siklus II dengan perhitungan kriteria tinggi. Data awal yang digunakan untuk nilai pemahaman konsep siswa adalah nilai rerata ulangan harian siswa, dengan rerata 69,53 dan ketuntasan klasikal 53,125%. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil rerata pemahaman konsep siswa pada siklus I mencapai 79,125 dengan ketuntasan klasikal 71,875% dan pada siklus II sudah mencapai 83,00 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Ini berarti hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Kata-kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe STAD, VCD, prestasi belajar matematika siswa
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 
tipobet betebet guvenilir casino siteleri