Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA KELAS YANG DIAMPU OLEH GURU BIDANG STUDI DENGAN GURU KELAS PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VI DI SD SE-KECAMATAN GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang DINA NORMALIA
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Dina Normalia. Studi Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa antara Kelas yang Diampu oleh Guru Bidang Studi dengan Guru Kelas pada Materi Bilangan Bulat Kelas VI di SD se-Kecamatan Gombong Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah prestasi belajar matematika dengan aplikasi sistem guru bidang studi lebih baik daripada guru kelas pada materi bilangan bulat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD se- Kecamatan Gombong tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 991 siswa dari 33 sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 13 siswa pada kelas eksperimen dan 22 siswa pada kelas kontrol. Instrumen diuji menggunakan taraf kesukaran, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas. Uji coba instrumen dilakukan pada siswa SD N 2 Kuwarasan kelas VI yang berjumlah 20 siswa. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus KR- 20. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan akhir. Setelah analisis data awal dilakukan selanjutnya kelas eksperimen diterapkan sistem guru bidang studi matematika dan kelas kontrol tetap diterapkan sistem guru kelas. Pada analisis data akhir, uji hipotesis menunjukkan tobs= 2.328 > 1.645 = ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya adalah bahwa prestasi belajar matematika dengan aplikasi sistem guru bidang studi lebih baik dari pada guru kelas pada materi bilangan bulat. Kata Kunci: guru bidang studi, guru kelas, bilangan bulat
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya