Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Dewi Intan Fajarwaty
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Dewi Intan Fajarwaty. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw materi Bangun Ruang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan konvensional pada materi bangun ruang tentang kubus dan balok. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 195 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang berupa data nilai matematika pada ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi balok dan kubus. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas tes di uji dengan validitas kriterium dengan angka kasar, diperoleh nilai validitas sebesar 0,61 termasuk dalam kriteria sedang, sedangkan reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20, diperoleh nilai 0,721 termasuk dalam kriteria tinggi. Dari perhitungan daya pembeda dan tingkat kesukaran, diperoleh soal yang diterima sebanyak 28 soal. xiii 2 obs χ 2 tabel χ 2 obs χ 2 tabel χ Uji prasyarat Analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji Homogenitas dengan α = 0,05. Dari uji normalitas untuk kelas kontrol menunjukkan Lobs = 0,1485 < 0,1570 = Ltabel. Berarti dapat disimpulkan bahwa data dari kelas kontrol berdistribusi normal. Uji normalitas untuk kelas eksperimen menunjukan Lobs = 0,1354 < 0,1570. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data dari kelas eksperimen berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas data kedua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai = 0,160 sedangkan nilai = 3,841 ( = 0,160 < 3,841= ) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua sampel penelitian memiliki variansi yang sama (homogen). Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs = 2,397 > 1,645 = t tabel, berarti prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw lebih baik dibanding yang menggunakan metode konvensional pada materi bangun ruang tentang kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya