Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENTS DIVISIONS (STAD) DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA MATERI POKOK KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Dani Darmawan
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Dani Darmawan. Eksperimentasi Model Pembelajaran Students Teams Achievements Divisions (STAD) dengan Pemanfaatan Alat Peraga pada Materi Pokok Keliling dan Luas Daerah Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs Negeri Sidoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester genap MTs Negeri Sidoharjo tahun pelajaran 2011/2012 pada sub materi pokok keliling dan luas daerah lingkaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Sidoharjo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 55 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 37 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan pada kelas VIII selain sampel. Soal instrumen yang diujicobakan sebanyak 30 soal, berdasarkan taraf kesukaran didapat 20 soal yang diterima, sedangkan berdasarkan daya pembeda didapat 27 soal yang diterima. Kesimpulan berdasarkan taraf kesukaran dan daya pembeda didapat 20 soal yang diterima. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus Spearman Brown. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukan tobs sebesar 1,723 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Nilai rata-rata pada metode pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh 75,790 sedangkan nilai rata-rata pada materi pembelajaran konvensional diperoleh 69,722, sehingga metode pembelajaran kooperatif tipe STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional (ceramah). Kata kunci: pembelajaran, Students Teams Achievements Divisions, konvensional
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya