Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang BAYU AJI
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK:Bayu Aji. Eksperimentasi Model Contextual Teaching And Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Sederhana Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Purwodadi Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi: Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model CTL lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model ekspositori pada materi keliling dan luas bangun datar sederhana. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Purwodadi tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 55 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Bubutan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri Sidoharjo sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SD Negeri Purwosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas tes di uji dengan validitas kriterium dengan angka kasar, reliabilitas tes diuji dengan rumus alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas dengan α = 0,05. Dari uji normalitas untuk kelas eksperimen menunjukkan Lmax = 0,104 < 0,206 = Ltabel. Berarti dapat disimpulkan bahwa data dari kelas eksperimen berdistribusi normal. Uji normalitas untuk kelas kontrol menunjukan Lhitung = 0,166 < 0,227 = Ltabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data dari kelas kontrol berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas data kedua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai χ²hitung = 0,298 sedangkan nilai χ²tabel = 3,841 (χ²hitung = 0,298 < 3,841= χ²tabel) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua sampel penelitian memiliki variansi yang homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan α = 0,05 menunjukkan thitung = 1,942 > 1,699 = ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada penerapan model CTL pada materi bangun datar sederhana pada siswa kelas IV SD Negeri se- Gugus Dewi Sartika Kecamatan Purwodadi lebih baik dari hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran ekspositori. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, ekspositori
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya