Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI TLOGOBULU TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Bahrudin
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Bahrudin. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Tlogobulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SD Negeri Tlogobulu. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tlogobulu. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang dimulai pada bulan Februari sampai dengan bulan juli 2012. Pada siklus I, materi yang disampaikan adalah bangun ruang kubus, sedangkan pada siklus II materi yang disampaikan adalah bangun ruang balok. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yakni menyusun rencana tindakan, melakukan tindakan, melakukan pengamatan, dan melaksanakan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, tes dan observasi. Hasil belajar siswa meningkat dari 53,8% jumlah siswa keseluruhan yang dianggap mencapai KKM menjadi 84,6%. Keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika juga skornya meningkat, dari 43,4% pada siklus I menjadi 75,3% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa kelas IV SD Negeri Tlogobulu adalah dengan menerapkan pendekatan matematika realistik. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes yang dikerjakan oleh siswa di akhir siklus, sedangkan meningkatanya keaktifan siswa terhadap pelajaran matematika diperoleh dari observasi yang dilakukan oleh observer yaitu guru. Kata kunci: matematika realistik, keaktifan, hasil belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya