Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD SE-GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Arum Puspasari
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Arum Puspasari. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Se-gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari metode ekspositori pada materi bangun ruang siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari 10 SD. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas dari dua SD yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan, yang dimulai pada bulan Januari 2011 sampai dengan bulan Juli 2012. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Dari pengolahan data diperoleh rerata untuk kelas eksperimen adalah 75,583 dengan standar deviasi 10,023, sedangkan rerata untuk kelas kontrol adalah 66,90 dengan standar deviasi 16,913. Dari hasil pengolahan juga diketahui bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen. Kemudian untuk perhitungan hipotesis dengan uji t, diperoleh nilai = 2,475 dan =1,681 pada taraf signifikan 0,05. Karena > atau 2,475 >1,681 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H diterima atau H ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari metode ekspositori pada materi bangun ruang siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), ekspositori, bangun ruang, cluster random sampling
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya